Al Habib dari Malaysia Isi Tablig Akbar di Langsa Detail

Minggu, 13 Oktober 2019


Al Habib dari Malaysia Isi Tablig Akbar di Langsa

 

Ribuan masyarakat Kota Langsa dan sekitarnya, Minggu (13/10/2019) malam menyesaki lokasi tabglih akbar menyambut Maulid Nabi Muhammad SAW 1441 Hijriah Tabligh akbar yang dilangsungkan di Lapangan Merdeka, panitia Pemko Langsa menghadirkan penceramah kondang dari negara tetangga Malaysia, Al Habib Ali Zaenal Abidin Al Habib.

Sebagian masyarakat terutama dari luar daerah usai magrib mulai berdatangan ke Alun-alun pusat kota ini, dan memasuki waktu Isya mereka memilih shalat di mushala Taman Bambu Runcing. Sedangkan masyarakat lokal dari berbagai penjuru, usai shalat Isya tampak mulai ramai berdatangan ke lapangan tersebut.

Wali Kota Langsa, Tgk Usman Abdullah SE, yang mengawali pembukaan tabligh akbar ini, mengatakan, kehadiran ulama malam ini ke Kota Langsa, semoga menjadi berkah, meningkat iman dan ketaqwaan kita semua. Menurutnya, apa yang akan disampaikan oleh Habib dalam tausiahnya, maka hendaknya menjadi sebuah renungan bagi semua, sekaligus untuk menambah ilmu agama. Di akhir sambutannya, Usman Abdullah berharap semoga Kota Langsa ini mendapatkan rahmat dari Allah SWT, dan menjadi kota yang Baldatun Thayyibatun Wa Rabbun Ghafur.

Almukaram Al Habib Ali Zaenal Abidin Al Habib, dalam taushiyahnya mengatakan bahwa ada dua nikmat yang Allah berikan kepada umat Islam.

Pertama, nikmat zhahir, yaitu nikmat kesehatan, ketentraman, kenyamanan. Sedangkan kedua, nikmat batin yaitu nikmat iman dan Islam. Namun kedua nikmat yang diberikan Allah itu harus dipertanggung jawabkan oleh manusia, melalui nikmat bersyukur kepada Allah. Dijelaskan Habib, ada tiga cara manusia untuk mengaplikasikan rasa syukur kepada Allah, pertama dengan lisan yang selalu bertasbih dan bertahmid.

Kedua, dengan hati mengetahui dan meyakini nikmat dari Allah, dan ketiga dengan perbuatan yaitu menggunakan nikmat kepada tempat yang diridhai Allah. Apabila ketiga ini sudah diperbuat oleh umat Islam, maka percayalah Allah akan menambahkan lagi lebih banyak nikmat kepada umat sekalian.

Ulama berasal dari Malaysia ini juga menceritakan sirah nabawiyah awal mula yang dilakukan Nabi Muhammad SAW dahulu silam. Pertama Nabi Muhammad SAW membangun institusi masjid, mengikat silatutahmi antara kaum anshar dan muhajirin. Kemudian Nabi Muhammad SAW melakukan piagam Madinah, dan membuat pusat pasar sebagai pergerakan ekonomi umat Islam. Habib juga menceritakan secara umum tentang keutamaan dalam memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW.

Al Habib Ali Zaenal Abidin Al Habib datang ke Langsa atas undangan khusus Wali Kota Langsa, untuk mengisi tabligh akbar dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW. Al Habib di Langsa bersama rombongan di antaranya M Basyir Al Azhari, dan berapa orang lainnya. Tabligh akbar ini berakhir pukul 00.00 WIB.

Sumber : Tribunnews.com

 

 

Bagikan :